Profil Fakultas Ekonomi

SEJARAH SINGKAT FAKULTAS EKONOMI

Universitas Janabadra (UJB) Yogyakarta pada awal berdiri tanggal 7 Oktober 1958 dengan memiliki 3 Fakultas yaitu Ekonomi, Hukum danTeknik, dengan tiga program studi yaitu Prodi Manajemen, Prodi Ilmu Hukum dan Prodi Teknik Sipil. Sesuai dengan perkembangan dan tuntutan masyarakat, Fakultas Ekonomi pada tahun 1993 telah menambah dua prodi yaitu Prodi Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan. Sampai saat ini ke tiga prodi di lingkungan Fakultas Ekonomi telah terakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Kampus Universitas Janabadra memiliki dua lokasi kampus yaitu kampus Timoho dan Kampus Pingit. Fakutas Ekonomi menempati Kampus Pingit tepatnya di Jl. Tentara Rakyat Mataram 55-57 Yogyakarta. Lokasi Kampus Pingit merupakan tempat yang strategis karena berlokasi di tengah kota Yogyakarta yang mudah di jangkau dengan kendaraan umum. Proses pembejaran agar supaya nyaman fakultas ekonomi semua ruang kuliah di fasilitasi dengan AC, lingkungan yang kondusif untuk belajar dan didukung hotspot area di kampus, Perpustakaan baik pusat maupun Perpustakaan Fakultas.

Pada tahun 2009 Fakultas ekonomi selain menyelenggarakan program Stara satu (S1) juga menyelenggarakan program Pasca Sarjana yaitu Magister Manajemen dengan SK Dirjen Dikti Depdiknas RI no. 1304/D/T/2009.

AZAS DASAR

Fakultas Ekonomi Universitas Janabadra Yogyakarta berazaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 bercirikan kebangsaan yang berjiwa nasionalis yang religius.

VISI

Menjadikan fakultas yang berorientasi pada masa depan , yang bertumpu pada upaya penguatan wawasan kebangsaan, pengembangan IPTEK, sehingga pada tahun 2020 Menjadikan Fakultas Unggulan dan merupakan kebanggan universitas dan Bangsa Indonesia.

MISI

Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pengembangan IPTEKserta berperan aktif dalam pembangunan bangsa dengan menghasilkan lulusan yang dapat menyumbang pada daya saing bangsa, berwawasan kebangsaan, memiliki kemampuan untuk menguasai IPTEK, sehingga menjadi insan yang mandiri , sebagai tauladan dalam kerukunan antar umat dan persatuan bangsa bersungguh-sungguh dalam mengabdikan diri kepada bangsa dan negara.

TUJUAN

  1. Menjadikan program-program studi di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Janabadra sebagai pusat penggalian, pemeliharaan dan pengembangan IPTEK serta kebudayaan.
  2. Mendidik mahasiswa agar menjadi sarjana yang kompeten dalam bidangnya memiliki wawasan kebangsaan, menguasi IPTEK, mandiri dan menjadi tauladan kerukunan antar umat serta memiliki jiwa pengabdian yaang tinggi terhadap bangsa negaranya dan berakhlak mulia.
  3. Mengembangkan kehidupaan masyarakat akademik yang ditopang oleh nilai-nilai luhur Pancasila dan tanggap terhadap perubahan.
  4. mengembangkan potensi mahsiswa menjadi kompetensi yang handal sehingga mampu bersaing di era globalisasi dan ekonomi yang berbasis pengetahuan.

SISTEM PENDIDIKAN

Pendidikan di Fakultas Ekonomi diselengaraakan dengan sistem kredit semester (SKS) yaitu sistem penyelenggaraan pendidikan yang menyatakan beban studi mahasiswa, beba tugas tenaga pengajar dan waktu penyelenggaraan pendidikan atas dasar Satuan Kredit Semester (SKS). Satuan Kredit Semester merupakan takaran penghargaan terhadap pengalaman belajar yang diperoleh mahasiswa melalui satuan jam kegiatan terjadwal disertai tugas lain yang terstruktur mayupun mandiri selama satu semester atau tabungan pengalaman belajar lain yang setara. Dengan sistem kredit semester ini mahasiswa yang mempunyai kesempatan untuk bisa menyelesaikan studi lebih cepat dari waktu normal 4 tahun. Jumlah SKS untuk menyeleasikan Program Sarjana (S1) pada masing-masing program studi yang ada di Fakultas Ekonomi adalah 144 SKS.

Pendidikan pada Fakultas Ekonomi Universitas Janabadra diselenggarakan dengan Sistem Kredit Semester, yaitu sistem penyelenggaraan pendidikan yang dinyatakan dengan beban studi mahasiswa, beban studi tenaga pengajar dan beban penyelenggaraan pendidikan atas dasar satuan waktu semester.

Satuan kredit semester sks adalah takaran penghargaan terhadap pengalaman belajar yang diperoleh melalui satuan jam kegiatan terjadwal disertai tugas lain selama 2-4 jam perminggu yang terstruktur maupun mandiri selama satu semester atau tabungan pengalaman belajar lain yang setara.

Pada dasarnya tujuan penyelanggaraan pendidikan dengan sistem kredit semester adalah :

  1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang cakap dan giat belajar untuk menyelesaikan studinya dalam waktu yang lebih singkat daripada mahasiswa yang lain
  2. Memberikan kesempatan pada mahasiswa agar dapat mengikuti kegiatan pendidikan yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya
  3. Melaksanakan sejauh mungkin input dan output ganda
  4. Mempermudah penyesuaian kurikulum terhadap perkembangan ilmu dan teknologi
  5. Memperbaiki sistem evaluasi kecakapan mahasiswa

SATUAN KREDIT SEMESTER

Menurut pengertian sistem kredit semester sebagimana telah diuraikan di atas, maka penugasan staf pengajar dalam bidang akademik dilakukan dengan beban yang diukur dengan satuan kredit semester (sks). Demikian pula beban studi, praktikum, dan praktek kerja lapangan bagi mahasiswa diukur dengan sks Ketentuan yang dianut dalam penerapan beban sks bagi staf pengajar dan mahasiswa yaitu : satu sks setara dengan kegiatan pendidikan selama tiga jam dalam satu minggu. Karena dalam satu semester secara efektif ada 16 minggu maka satu sks sama dengan kegiatan pendidikan selama 48 jam (16 minggu x 3 jam) kegiatan ini dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa sebagia berikut :

  1. DOSEN

    Satu sks dipergunakan untuk : satu jam kuliah tatap muka secara terjadwal dengan mahasiswa dengan rincian waktu 50’ kuliah dan diskusi 10’ istirahat satu jam untuk latihan terstruktur untuk belajar mandiri.

    Jadi untuk satu mata kuliah dengan bobot 3 sks dosen mempunyai kewajiban untuk :

    1. Dalam satu minggu, dengan rincian 3 x 50' tatap muka / kuliah dan diskusi dan 3 x 10 istirahat.
    2. Dosen memberi tugas rangkaian setara 3 jam dalam satu minggu.
    3. Memotivasi mahasiswa untuk mengembangkan materi kuliah setara 3 jam dalam satu minggu.

  2. MAHASISWA
    Satu sks setara dengan satu jam kuliah tatap muka secara terjadwal dengan dosen pengasuh mata kuliah, satu jam untuk melakukan kegiatan rangkaian yaitu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh Dosen. Jadi untuk satu mata kuliah dengan bobot 3 sks mahasiswa wajib untuk :
    1. Mengikuti kuliah secara terjadwal selama 3 jam dalam satu minggu;
    2. Mengerjakan tugas-tugas yang merupakan rangkaian pengembangan materi dari dosen pengasuh setara 3 jam dalam satu minggu;
    3. Belajar sendiri untuk memperdalam dan memperluas penguasaan materi mata kuliah tersebut setara 3 jam dalam satu minggu.

      Dengan demikian maka beban kerja dalam penugasan Dosen diukur dengan jumlah sks yang memungkinkan bagi Dosen yang bersangkutan untuk berkembang dan menjalankan tugas secara baik. Sementara bagi mahasiswa, pengambilan mata kuliah tiap-tiap semester diukur dengan jumlah sks yang memungkinkan bagi mahasiswa yang bersangkutan untuk menguasai materi secara baik.
  3. PRAKTEK LABORATORIUM

    Perhitungan beban pendidikan untuk praktek laboratorium pada dasarnya sama dengan perhitungan untuk kegiatan perkuliahan. Perbedaannya adalah 1 jam kuliah dianggap sama dengan kegiatan praktikum selama 2-3 jam kegiatan di laboratorium, ditambah satu kegiatan rangkaian, misalnya untuk kegiatan mandiri.

    Dengan demikian maka untuk 1 sks mata kuliah praktikum dilaksanakan dalam waktu 3-4 jam per minggu, dengan rincian :

    1. 2-3 jam praktikum di laboratorium;
    2. Satu jam untuk kegiatan mandiri mahasiswa untuk penugasan materi kuliah tersebut, misalnya pembahasan terhadap hasil-hasil praktikum dari laboratorium.

  4. PRAKTEK LAPANGAN
    Bentuk praktek lapangan yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi Universitas Janabadra yaitu :
    1. Kunjungan Kerja Lapangan (KKL) yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang teori yang telah diperoleh di bangku kuliah dikaitkan dengan aplikasi pada institusi/kelembagaan yang dikunjungi. Kunjungan ini tidak diberi bobot sks tetapi merupakan bagian mata kuliah tertentu.
    2. Kuliah Kerja Nyata (KKN) diwajibkan bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Janabadra yang akan menyelesaikan studinya. Bobot kegiatan KKN 3 sks dan dilaksanakan selama kurang lebih 3 bulan.

STAFF PENGAJAR

Staf pengajar Fakultas Ekonomi Universitas Janabadra terdiri dari dosen tetap dan dosen luar biasa yang memnuhi syarat standar nasional baik dari segi jabatan akademik maupun jenjang pendidikan, kompeten dalam bidangnya, sehingga diharapkan mampu mencapai tujuan penyelenggaraan pendidikan di pada Fakultas Ekonomi.

Pengembangan staf pengajar dilakukan secara terus menerus melalui short course , seminar, diskusi, seminar akademik, penelitian maupun studi lanjut ke jenjang yang lebih tinggi. Dosen Fakultas Ekonomi hampir semua bergelar master dan sebagian Doktor dan saat ini beberapa dosen melanjutkan studi program Doktor baik dari dalam maupun luar negeri. 

 

FASILITAS

  1. Gedung Perkuliahan dan Perkantoran yang Mamadai
  2. Ruang kuliah be-AC
  3. Laboratorium berbasis komputer
  4. Fasilitas layanan melalui jaringan komputer
  5. Hotspot area
  6. Perpustakaan pusat dan perpustakaan fakultas yang menyatu dengan gedung penyelenggaraan kuliah
  7. Tempat Ibadah (Masjid)
  8. Asuransi mahasiswa
  9. Poliklinik
  10. Kantin
  11. ATM BRI