Dampak dan Pengelolaan Limbah Produksi UKM di Kabupaten Bantul, DIY

October 08, 2016 oleh admin FE Janabadra

Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Janabadra pada Kamis, 29 September 2016 telah menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tema “Dampak dan Pengelolaan Limbah Produksi UKM di Kabupaten Bantul, DIY”. Banyaknya limbah produksi UKM dari penggunaan zat pewarna sintetis (kimia) yang belum diolah menyebabkan pencemaran lingkungan di sekitar lokasi UKM. Hal tersebut yang mendorong Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Janabadra untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Kuliah Umum tersebut diikuti oleh mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Janabadra dengan menghadirkan Ibu Dra. Agustarini dari Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul sebagai narasumber. Dalam paparannya Ibu Dra. Agustarini menyampaikan dampak negatif dan pengelolaan limbah dari penggunaan zat pewarna sintetis (kimia) yang belum diolah. Di samping itu juga disampaikan alternatif penggunaan zat pewarna alami dari berbagai macam tumbuhan, yang relatif aman terhadap lingkungan.

Ketua Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Janabadra menyampaikan mengharapkan dengan Kuliah Umum tersebut dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Janabadra terkait dengan pencemaran lingkungan akibat limbah produksi.

Tuliskan komentar

(*) Merupakan informasi yang wajib anda isi