MENGAPA MINAT MENULIS RENDAH

November 23, 2015 oleh admin FE Janabadra

Perintah membaca/meriset/mengajar/menulis didalam QS. 96 Ayat 1-4 “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam.” Demikian pula anjuran menulis disebutkan QS. 18 : 168 “Kalau sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula)” dikatakan oleh Prof. Mudrajad Kuncoro, Ph.D, dalam seminar yang diselenggarakan kerjasama Faklutas Ekonomi Universitas Janabadra (FE UJB) dengan Penerbit Erlangga (19/11) di Kampus UJB.

Mudrajad mengatakan bahwa budaya menulis itu rendah baik dikalangan akademis maupun non akademis disebabkan oleh bebrapa hal antra lain adanya budaya lesan bukan tulisan, Perlu extra effort padahal kontra prestasi tidak secepat dibanding mengajar, Tidak ada insentif dari universitas/fakultas, Rendahnya minat penelitian dan publikasi hasil penelitian serta Tidak tahu bagaimana caranya menulis artikel, buku, dan karya ilmiah. Bagi pemula, memulai menulis merupakan hal yang sulit. Namun, kalau menulis surat kepada pacar atau facebook/chatting kok bisa lancar bahkan sampai berlembar- lembar?. Ibarat menciptakan kebiasaan baru. Misal merokok, apabila Anda tiap hari menghisap satu batang rokok, dapat dipastikan dalam tempo satu bulan Anda sudah menjadi perokok. Tentu saja untuk menjadi seorang penulis yang baik dibutuhkan pemahaman akan teknik menulis. Seorang Maradona pun, belajar bagaimana teknik menendang dan mengolah bola yang efektif.

Kesempatan yang sama Dekan FE UJB Drs. Titop Dwiwinarno, MM mengatakan bahwa menulis merupakan kewajiban bagi para akademisi baik dosen maupun mahasiswa. Para dosen mempunyai kewajiban untuk melakukan penelitian dan juga pengajaran hal itu tidak akan terlepas dengan kewajiban untuk menulis dmikian mahasiswa pasti ada kewajiban membuat tugas baik dalam bentuk artekel maupun juga nanti tugas akhir. Maka dengan seminar ini diharapkan para dosen dan mahasiswa mempunyai dorongan untuk memulai menulis.

Tuliskan komentar

(*) Merupakan informasi yang wajib anda isi